Monday, March 3, 2008

Virtualisasi dengan Vmware Player

Anda ingin mnejalankan windows di dalam linux? atau anda ingin menjalankan linux di dalam windows? Kelihatannya sih hanya kurang kerjaan saja tapi sebetulnya hal tersebut sangat berguna. Jika anda ingin belajar jaringan hanya dengan satu komputer, ingin menginstal linux tapi tidak ingin merusak susunan partisi, atau mungkin hanya sekedar ingin menjalankan Ms Word saja di dalam linux vmware player adalah jawabannya.

Sebenarnya anda dapat juga menggunakan vmware workstation, virtualbox atau lainnya. Tapi pilihan pada Vmware Player mempunyai beberapa keuntungan. Keuntungannya antara lain dapat berjalan di beberapa OS, relatif mudah, dan tentunya dapat digunakan secara gratis.

Jika anda menggunakan Windows maka anda dapat mendownloadnya yang versi windows. Jika anda menggunakan Linux maka akan lebih mudah jika anda mendownload paket untuk distribusi anda. Jika anda menggunakan Ubuntu paket vmware player dapat dengan mudah didapatkan di repositorynya. Proses instalasinya juga relatif mudah.

Untuk menjalankan Vmware Player dibutuhkan virtual machine dari sistem lain. Hal itu dikarenakan Vmware Player tidak seperti Vmware Workstation yang dapat membuat virtual machine sendiri. Tapi hal itu tidak masalah. Anda dapat mendownloadnya di sini. Untuk mengisnstal windows berikut linknya :

http://www.geocities.com/shony455jr/mr/vm_img_windxp.zip

Untuk linux 2.6 :

http://www.geocities.com/shony455jr/mr/vm_img_linux26.zip

setelah mendownload, ekstraklah di suatu direktori. Masukkan cd instalasi anda (misal cd xp pro atau instalasi linux). Kemudian jalankan vmware player anda. Pilihlah "open an existing virtual machine" lalu arahkan ke direktori tadi. Program akan otomatis menyeleksi pada file "*.vmx" lalu pilih saja "open". Setelah itu akan ada tampilan yang mirip komputer yang lagi booting dan lakukan proses instalasi seperti biasa.



Anda dapat menggunakannya seperti layaknya komputer biasa. Anda dapat me-reset virtual komputer dari menu palyer > Trobleshoot > reset. Untuk mematikan virtual komputer pilih menu palyer > Trobleshoot > power off and quit. Anda juga dapat mengubah alokasi memori untuk virtual machine di menu palyer > Trobleshoot > change memory alocation. Untuk masalah networking dan juga shared folder dapat anda baca dokumentasinya yang disertakan bersama program.

Anda juga dapat menjalankan Mac OS X di vmware player. Untuk trik-triknya yang lain, akan dibahas mendatang.

No comments: