Monday, January 5, 2009

Broom bersama Nokia N71 di linux

Ingin punya koneksi internet unlimited full mobile? tanpa kesulitan berlangganan? Santai saja sekarang indosat mengeluarkan produknya yang unik. Perdana Broom namanya (versi unlimited). Walaupunkecepatan aksesnya cukup mengecewakan tapi tidak mengapa. Dengan kecepatan yang pas-pasan seperti ini sudah cukup untuk berselancar di internet dengan mulus. Selain itu ip yang digunakan adalah ip publik sehingga dapat diakses dari luar.

Penulis menggunakan ponsel Nokia N71 sebagai modem. Sebetulnya ponsel tersebut sudah mendukung 3G (UMTS) tapi sayang lokasi penulis yang 'jauh dari kota' dan tidak terkover jaringan 3G. Sebagai gantinya penulis dapat menggunakan jaringan gprs.

Kabel data yang penulis gunakan adalah DKU - 2. Sebenarnya kabel data yang sesuai dengan ponsel penulis adalah CA - 53 tapi berhubung yang itu rusak dan pakai DKU - 2 juga bisa maka penulis memutuskan tidak membeli lagi.

Jika ditancapkan ke Linux maka di layar ponsel akan keluar pilihan. Penulis memilih yang 'PC Suite'. Dari keluaran lsusb terdeteksi sebagaiberikut :

Bus 002 Device 002: ID 0421:0425 Nokia Mobile Phones

Kemudian penulis menjalankan wvdialconf. Setelah itu mengedit file /etc/wvdial.conf seperti berikut :

[Dialer Defaults]
Auto DNS = true
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Modem Type = USB Modem
Baud = 460800
New PPPD = yes
Modem = /dev/ttyACM0
ISDN = 0
Phone = *99#
Username = indosatm2
Password = prabayar

Setelah itu langsung saja menjalankan wvdial. Dan akhirnya ... langsung nyambung.

Penulis kemudian membuka firefox dan mengetikkan www.google.com. Ternyata ada pesan 'unregistered ....' dan langsung di redirect ke portal m2 untuk melakukan registrasi. Proses registrasi cukup mudah.

Setelah selesai registrasi penulis mengedit file /etc/wvdial.conf dan mengganti username dan password sesuai yang diisikan waktu regristrasi. Setelah itu disconek dengan ctrl-c dan konek lagi dengan wvdial. Seterusnya nyambung ....

No comments: