Saturday, May 10, 2008

Ubuntu Gutsy di Acer A4920

Beberapa waktu lalu aku berkesempatan untuk mencoba laptop baru. Laptop tersebut adalah Acer Aspire A4920 yang kebetulan baru saja dibeli oleh temanku. Karena itu juga aku berkesempatan mencoba laptop tersebut dengan live cd Ubuntu Gutsy (kernel 2.6.22-14-generic). Berdasarkan output dari lspci dan dmsg spesifikasi laptop adalah sebagai berikut :

- Intel(R) Core(TM)2 Duo CPU T5550 @ 1.83GHz stepping 0d
- Memory 512MB
- Chipset intel 965GM
- GM965/GL960 Integrated Graphics Controller
- Gigabit Ethernet Broadcom BCM5787M
- Intel PRO/Wireless 3945ABG
- HD Audio Controller Intel 82801H (ICH8 Family)

Berdasarkan percobaan yang aku lakukan dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut :

Laptop dapat booting dengan mulus (dapat langsung jalan tanpa menambahkan command line apapun (misal pada beberapa laptop harus menambahkan opsi acpi=off pada command line kernel karena masalah acpi).

Sound card dapat berjalan dengan baik. Tetapi kontrol volume melalui tombol putar di bagian belakang laptop tidak berfungsi. Volume hanya dapat dikontrol melalui software (misal alsamixer).

Grafik card dapat berfungsi dengan baik tetapi fitur 3D desktop compiz fusion tidak dapat berfungsi. Penyebabnya tidak jelas dan penulis melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Hardware yang lain seperti bluetooth dan webcam belum sempat penulis coba karena keterbatasan waktu. (maklum kan laptopnya pinjaman dan mau dipakai sama yang punya. he.. he..)

No comments: